" WELCOME TO MY BLOG "

Hai…hai…, selamat datang di blogku, aku harap kalian menikmati plesir di “rak buku”-ku, melihat – lihat koleksi “buku” yang ada, membaca tulisan yang sudah aku goreskan, meninggalkan coretan – coretan untuk melengkapi dan saling berbagi, trus jangan kapok untuk singgah lagi ya…

Senin, 05 Januari 2009

KUMPULAN DONGENG ANDERSEN

(Buku seukuran majalah, 140 halaman, harga per Desember 2008 Rp 50.000,-)

Ada banyak versi buku anak2 yang memuat dongeng2 abadi Hans Christian Andersen (HC Andersen). Jaman kecil dulu, aku pernah kenal buku2 HC Andersen yang dikemas dalam bentuk box, berisi 7 buku kalo gak salah, satu buku ada macem2 kisah, antara lain Putri Salju, Klaus Besar dan Klaus Kecil, Putri Duyung, Burung Bulbul, Teman Seperjalanan, dll. Tapi aku cari buku2 itu kok gak da lagi ya. Mungkin dah gak dicetak lagi ya. Yang aku tau, sekarang ini Gramedia ngluarin buku2 tentang dongeng Andersen dalam bentuk lain.

Nah, kalau buku Kumpulan Dongeng Andersen yang satu ini, aku kenalnya juga jaman aku masih SD, ada sepupuku yang punya dan waktu itu aku iri setengah mati karena aku gak mampu beli, dan baru bisa kubeli setelah punya anak 2. Akhirnya, dendam terbalaskan… Hahaha…

Aku juga gak nyangka setelah terlupakan sekian tahun, buku ini kok nongol lagi dalam kehidupanku. Yang aku punya sekarang ini cetakan kesepuluh, April 2008, padahal diterbitkan pertama kali oleh Gramedia tahun 1982.

Buku ini sama plek ma yang aku inget waktu kecil, bentuk bukunya, covernya, gambar dalemnya, bener2 sama persis… Sampul depannya bergambar gadis gembala pake rok merah lagi duduk berdampingan ma penyapu cerobong yang pake pakaian dan topi hitam di atas cerobong asap. Di depan ada tulisan : Ilustrasi oleh Paul Durand.

Ada 7 cerita dalam satu buku, dilengkapi dengan gambar berwarna :
1. Gadis gembala dan penyapu cerobong.
2. Gadis kecil dan korek api.
3. Putri sejati.
4. Itik kecil buruk rupa.
5. Prajurit kecil berkaki satu.
6. Putri Bajang.
7. Pakaian baru Raja.

Tuh, kan… isinya dongeng2 utama HC Andersen yang udah begitu familiar dalam kehidupan kita, dan kayaknya dah ribuan kali diceritakan kembali dalam berbagai versi.


Cukup menarik untuk dikoleksi, karena bisa nambah2 bahan dongeng buat anak2. Salah satu cerita yang menarik tuh tentang Putri Bajang atau sering juga disebut Putri Jempol karena besarnya cuma sejempol orang dewasa, dan lahir dari kelopak bunga, yang melanglang buana, mo diperistri kodok, tikus werog, dan akhirnya nikah ma peri cowok.

Ada lagi dongeng yang ngetop banget kayak gadis kecil yang jualan korek api di malam dingin bersalju, dan untuk menghangatkan badannya, dia menghidupkan satu persatu batang korek api yang secara ajaib menimbulkan bayangan2 indah sampai akhirnya gadis itu meninggal di antara putihnya salju.

Ada juga dongeng tentang putri sejati yang meskipun tidur di atas tumpukan kasur tebal dan sprei berlapis2 masih bisa ngrasain sebutir kapri yang diletakkan di atas kasur pertama, menunjukkan sedemikian halus kulitnya.

Kisah itik buruk rupa juga lumayan familiar,kan… Itik yang selalu diejek karena secara fisik berbeda dengan gerombolan itik yang lain dan seiring berjalannya waktu baru ketauan ternyata itik itu bukanlah itik, tetapi angsa yang anggun. Dan masih banyak kisah2 lain yang mungkin kita udah kenal lewat berbagai sumber, tetapi tidak ada salahnya untuk membaca buku ini karena diterjemahkan dari versi aslinya edisi bahasa Inggris berjudul Hans Christian Andersen Fairy Tales.


Apalagi untuk kamu2 yang belum pernah tau ceritanya, heh….emang ada ya, yang belum pernah tau cerita2 ini. Ada ! ternyata suamiku sendiri belum pernah tahu dongeng kayak gini. Hahaha…. Apa karena dia cowok ya, jadi gak interest ma dongeng2 macem gini, atau karena akunya yang dari kecil suka di dongengin cerita ini dan emang udah hobi baca dari kecil juga, jadi tau banyak cerita, entahlah, yang jelas gak ada ruginya untuk tau kisah2 ini.

6 komentar:

  1. wah... masih dijual ya?? jd kangennn... dl ini termasuk buku bacaan pertama saya wkt masih SD.. :) kangen... gambar2nya itu hidup sekali...

    BalasHapus
  2. huaaaaa... kaget deh, kalo ada yang komen di blogku yang kacau balau ini... maklum, yang punya blog lebih sibuk di fb daripada ngeblog... begitu bikin, langsung ditinggal... bener2 gak pernah ditengok sampai detik ini... thx ya, dah mampir di sini... komenmu bener2 memberiku semangat buat nulis lagi... hehehe...

    BalasHapus
  3. waaaaah...
    aQ nyari2 buku ini...
    keLuar masuQ gramedia...
    Tapi ga dpT...
    :(

    nyeseL bgT dL buku aQ ga dirawaT...
    hixhixhix...

    ada yang Tau nyarinya dimana ga???
    pgn bgT punya buku ini Lagii...

    kLo ada emaiL ke aQ y??
    sheenie_dunk@yahoo.com

    BalasHapus
  4. sheenie.. aku kaget juga kalo ternyata di gramedia udah gak ada, perasaan barusan aku belinya deh...

    waktu aku cek di gramedia kotaku, emang dah gak ada lagi, cek di toko buku online, juga gak ketemu.. hmmm... aneh...

    ntar kalo ketemu, aku kabari deh... apa mo pinjem punyaku?? ^_^

    BalasHapus
  5. hallo mbak.. salam kenal.. waduh.. aku juga masi sd masi punya buku ini.. sama satu lagi buku yg ada crita peri2 berkaki besar, dll.. gambarnya juga indah... tp dipinjem temen dan ga ada yg balik..

    ntar kabar2 yaa..
    thanks mbak..

    BalasHapus
  6. halooo jugaaa.. thx dah mampir sini.. ada rasa kangen luar biasa ya klo kita tiba2 ngeliat lagi buku yang dulu pernah kita punya tapi sekarang dah gak tau kemana... aku sering banget ngalami... peri2 berkaki besar?? hmmm.. yg mana ya, aku kayaknya blm pernah baca, jd penasaran... hehehe...

    BalasHapus

Pamer Sebagian Koleksiku

Hari - Hari Penuh Rasa Syukur

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers